Kesalahpahaman Antara Kedua Warga di Desa Jungutbatu di Selesaikan lewat forum SIPANDU BERADAT,

162

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Polda Bali-Polres Klungkung, Untuk menjaga situasi kamtibmas pada desa binaan tetap dalam keadaan aman dan tentram, Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas ( Polisi Masyarakat ) di Desa atau Kelurahan, dan Bhabinkamtibmas mempunyai fungsi sebagai berikut Melaksankan kunjungan / sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas

Pada Hari Jumat tanggal 4 November 2022 pukul 11.00 Wita Bertempat Di Ruangan Kantor Kepala Desa jungutbatu Kec. Nusa Penida Kab. Klungkung Telah Berlangsung Kegiatan mediasi Klarifikasi dan Pemecahan masalah melalui Sipandu Beradat Desa Jungutbatu

Permasalahan berawal dari adanya ketersinggungan dimana pada Hari kamis malam tanggal 03 november 2022 sekira pukul 21.30 wita bertempat di 3 monkey Banjar Kaje Desa Jungutbatu. I Made Budiana menanyakan kepada Abdul Nasib masalah pembayaran minuman di kasir 3 monkey, I Made Budiane bertanya kepada Abdul Nasib siapa yg membayar minumannya, di jawab sama Abdul Nasib bahwa sudah ada yang bayar, tp trus di tanyakan sama I Made Budiane dengan nada kasar, sampai pak abdul jengkel dan terjadi pemukulan dengan menggunakan tangan kiri mengepal kepada I Made Budiane yang di lakukan oleh Abdul Nasib yang menyebabkan pelipis kiri lebam, dan mulut hingga gigi depan lepas. dan bila masalah ini dibiarkan maka dapat menimbulkan gangguan kamtibmas. Ucap Bhabinkamtibmas Desa Jungutbatu Aipda I Ketut Budiarta .

Dengan adanya permasalahan tersebut kemudian Bhabinkamtibmas Desa Jungutbatu dengan mengajak semua komponen Sipandu Beradat melakukan pertemuan untuk mempertemukan kedua warga yang sedang bermasalah karena kesalahpahaman, kedua belah pihak I Made Budiana dan Abdul Nasib, dipertemukan di Kantor Perbekel Desa Jungutbatu untuk mencari solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut selain para pihak yang bermasalah, serta hadir juga komponen Sipandu Beradat, diantaranya perbekel Perbekel Desa Jungutbatu, Jro bendesa jungutbatu, Kasub sektor lembongan, Bhabinkamtibmas Desa Jungutbatu dan Babinsa Desa Jungutbatu

Dalam pertemuan tersebut Abdul Nasib mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas perbuatan yang telah melakukan pemukulan dengan menggunakan tangan kiri mengepal kepada I Made Budiane yang menyebabkan pelipis kiri lebam, dan mulut hingga gigi depan lepas serta berjanji untuk tidak mengulangi atau melakukan perbuatannya tersebut baik kepada pihak I Made Budiane, maupun kepada orang lain.

Dengan adanya permintaan maaf dari pihak Abdul Nasib kemudian pihak I Made Budiane, memaafkannya dan disepakati permasalahan tersebut cukup diselesaikan di Desa melalui Sipandu Beradat saja dan tidak melalui proses hukum.

Bhabinkamtibmas Desa Jungutbatu Aipda I Ketut Budiarta atas seijin Kapolsek Nusa Penida Kompol I Gede Redastra,S.H.,M.H., menyampaikan, untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, sudah seyogyanya untuk permasalahan kecil dapat diselesaikan dengan musyawarah mufakat melalui Sipandu Beradat, dan tidak melalui jalur hukum sehingga hubungan sosial dalam bermasyarakat tetap terjada dan terjalin, ucapnya.(tim).