TINGKATKAN IMUNITAS PEGAWAI DAN WARGA BINAAN, RUTAN NEGARA GANDENG PUSKESMAS 1 NEGARA DAN POLRES JEMBRANA LAKSANAKAN VAKSINASI

199

LOKADEWATANEWS.COM – Negara – #infopas_runa Upaya terbaik dalam mencegah penyebaran penyakit Covid-19 adalah dengan mengikuti protokol kesehatan serta mengikuti kegiatan vaksinasi. Karena itu, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) dengan bekerja sama dengan Puskesmas 1 Negara serta Polres Jembrana. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Aula Garuda Wisnu Kencana Rutan Negara ini diikuti sebanyak 73 orang yang secara rinci terdiri dari 3 orang petugas, 68 orang WBP serta 2 orang keluarga WBP yang sedang melakukan kunjungan.

Kegiatan vaksinasi diawali dengan sambutan dari Lilik Subagiyono selaku Kepala Rutan Negara. Dalam sambutannya Lilik mengajak seluruh petugas dan warga binaan untuk jangan takut untuk divaksin.

Lilik juga megapresiasi kepada seluruh tim dari Puskesmas 1 Negara serta Polres Jembrana telah memberikan dukungan dan fasilitas vaksinasi Covid-19 bagi petugas dan warga binaan disini. Selaku Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono mengambil tempat pertama dalam pelaksanaan vaksinasi yang selanjutnya diikuti oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan, petugas Rutan serta WBP.

Kegiatan vaksinasi tentu bukan merupakan vaksin pertama kali yang diselenggarakan di Rutan Negara. Ditanya lebih lanjut, Juli Tresna selaku salah satu Perawat di Rutan Negara mengatakan ternyata masih terdapat warga binaan yang belum mengikuti vaksinasi sebelumnya.

“Setiap ada tahanan baru kami (perawat) selalu melakukan pengecekan atau BAP (berita acara pemeriksaan) kesehatan kepada tahanan dan Narapidana baru dan ternyata masih banyak (WBP) yang belum vaksin booster bahkan ada yang belum vaksin sama sekali. Karena itu kami berkoordinasi dengan Puskesmas I Negara dan Polres untuk Vaksinasi,”ujar Juli.

Prosedur pelaksanaan vaksinasi tidak berbeda dengan proses vaksinasi sebelumnya, yang mana diawali dengan pengecekan identitas, skrining kesehatan (pengecekan suhu badan, tekanan darah serta pengecekan riwayat penyakit yang pernah dialami) setelah dinyatakan sehat dan layak untuk divaksinasi maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan menyuntikkan dosis vaksin sesuai dengan keterangan yang ada di sistem (P-Care).

Adi Sadnyana selaku Tim Kesehatan Polres Jembrana terkesan dengan antusiasme seluruh WBP di Rutan Negara. “Saya kaget dengan antusias warga binaan yang mau divaksin, patut diacungi jempol keberanian mereka,” ujar Adi Sadnyana.

Salah satu WBP ketika ditanyan mengenai vaksinasi, mereka terharu akan perhatian (tim).