Bhabinkamtibmas Desa Tihingan Hadiri Kegiatan Forum Sipandu Beradat Bertempat di Balai Banjar Desa Adat Tihingan

223

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Polda Bali – Polres Klungkung, Bhabinkamtibmas Desa Tihingan Polsek Banjarangkan Aiptu I Wayan Murdana, Menghadiri kegiatan Forum Sipandu Beradat Desa Adat Tihingan Kec. Banjarangkan Kab. Klungkung.

Hadir dalam kegiatan Sipandu Beradat Perbekel Desa Tihingan, Bendesa Adat Tihingan, Bhabinkamtibmas Desa Tihingan, Prajuru Adat dan Yowana Desa Tihingan dan Kelian Dan Pengurus BTN Penasan adapun Permasalahan yang dibahas yaitu nama lokasi BTN ” Banjar Suka Duka BTN Penasan”.Rabu (19/10/22) Malam bertempat di Balai Banjar Desa Adat Tihingan

Bhabinkamtibmas Desa Tihingan Polsek Banjarangkan Aiptu I Wayan Murdana menyampaikan bahwa Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) merupakan sistem pengamanan lingkungan masyarakat yang ditopang dengan sumber daya manusia berkualitas, sarana prasarana, dan sistem teknologi yang memadai untuk melakukan pengamanan wilayah (Wewidangan) dan Krama Desa Adat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa Permasalahan yang dibahas yaitu nama lokasi BTN ” Banjar Suka Duka BTN Penasan” sehingga malam ini kita duduk bersama ini untuk melakukan mediasai antara prajuru adat dengan warga dari BTN Penasan supaya namanya di ubah Sebutannya dari Banjar menjadi Kelompok warga.

Bhabinkamtibmas Desa Tihingan menambahkan Adapun maksud dan tujuan dari Sipandu Beradat yakni melakukan deteksi potensi gangguan kamtibmas agar tidak berkembang,jika ada permasalahan di desa adat agar diselesaikan dengan aturan adat yang ada serta carikan solusi yang baik, Apabila menyengkut masalah Perda Disampaikan ke pejabat Berwenang Pemda,dan apabila ada permasalahan signifikan berkaitan dengan kriminalitas laporkan kepada pihak kepolisian jika bisa mengedepankan Penyelesaian permasalahan secara musyawarah melalui Restorative Justice.

Dengan adanya Sipandu beradat diharapkan mampu mengantisipasi tidak berkembangnya ambang gangguan menjadi potensi gangguan ataupun bahkan menjadi gangguan nyata serta menyelesaikan berbagai gangguan keamanan di desa adat pada umumnya. Ujarnya

“Melalui forum SIPANDU BERADAT mari kita selalu bersinergi dalam menjaga keamanan dan melancarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Adat dan kegiatan berlangsung hingga pukul 21.00 wita .”Imbuhnya.(tim).