Latihan Menembak Bersama, Kapolres Klungkung Asah Kepekaan dan Keterampilan Anggota

82

Keterangan foto; Latihan Menembak Bersama, Kapolres Klungkung Asah Kepekaan dan Keterampilan Anggota

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Kepolisian Resort Klungkung kembali menggelar latihan menembak bagi jajarannya. Latihan menembak yang dikuti oleh sejumlah personel Polres dan Polsek jajaran ini digelar di lapangan tembak Paksebali Desa Paksebali Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Selasa, (16.04.2024).

Kapolres Klungkung AKBP Umar, S.I.K., M.H. Hadir bersama sejumlah pejabat utama mengungkapkan, latihan menembak digelar secara rutin minimal satu bulan sekali.
Pelatihan ini merupakan implementasi dari slogan IKHLAS (Inovatif, Komunikatif, Humanis, Legalitas, Akuntabel, Solutif) yang dicanangkan sejak awal menjabat dimana salah satu point pentingnya adalah peningkatan kompetensi.

Keterampilan menembak dan penguasaan senjata api tidak hanya sekadar skill tetapi juga harus mengetahui dan memahami karakter senjata, aminusi, jarak tembak efektif sampai soal sistem pengamanan senpi itu sendiri.” Ungkap Kapolres dengan dua melati di pundak ini.


Lebih lanjut AKBP Umar mengatakan, keterampilan menembak tidak datang tiba-tiba, Akan tetapi harus dilatih secara berkelanjutan, Sama halnya seperti ketrampilan umum lainnya. Jika tidak diasah dengan baik akan lupa dan kemampuan, insting, kecepatan akan menurun.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Umar juga mengingatkan kepada anggota bahwa penggunaan perkuatan senjata api dalam pelaksanaan tugas tidak bisa sembarangan, harus berpedoman pada SOP dan aturan yang berlaku.


“Kata kuncinya, asah kemampuan, pahami dan pedomani aturan. Ikuti latihan ini dengan serius. Patuhi instruksi dari tim pelatih sehingga hasil yang diperoleh dari latihan ini bisa lebih optimal” Imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Ren Polres Klungkung Kompol I Made Sudartawan, S.H. yang bertindak sebagai koordinator sekaligus instruktur menuturkan, latihan menembak kali ini diikuti oleh sedikitnya 120 personel yang terdiri dari persenil pemegang pinjam pakai Senpi serta anggota satuan fungsi operasional.


Adapun senjata yang digunakan latihan meliputi dua jenis yakni laras pendek Revolver dan pistol dengan jarak tembak 15 M serta senjata laras panjang SS1 V2 dengan jarak tembak 25 M sampai 45 M. Masing-masing dengan posisi berdiri, menembak perlahan, menembak cepat dan menembak sambil berjalan..


“Selain itu kita berikan juga materi menembak reaksi untuk melatih kepekaan, kecepatan dan ketepatan menembak.” Ucapnya.(tim).