Wakapolresta Denpasar Terima Audensi KPU Kota Denpasar

70

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Denpasar, Audensi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar dengan Kepolisian Resort Kota Denpasar (Polresta Denpasar) digelar pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023 pukul 10.00 WITA di Lounge Polresta Denpasar. Kegiatan ini merupakan upaya membangun sinergi antara penyelenggara Pemilu, yaitu KPU Kota Denpasar dengan Polresta Denpasar guna memastikan kelancaran tahapan Pemilu serentak tahun 2024 serta mempererat hubungan dalam sebuah silaturahmi.

Dalam sesi audensi tersebut, perwakilan dari KPU Kota Denpasar, yang dipimpin oleh Ketua KPU Dewa Ayu Sekar Anggraeni,SE, diterima oleh Waka Polresta Denpasar, AKBP I Wayan Jiartana, S.H., S.I.K., M.Si., yang didampingi oleh sejumlah pejabat diantaranya AKBP Agung dari DIT Pol Air Polda Bali, Kompol I Wayan Sudita, S.H., M.H., AKP I Ketut Saraswata, dan Iptu Bambang Setyanto, S.H., dari Polresta Denpasar.

Pada kesempatan itu, Waka Polresta Denpasar menyampaikan hasil Forum Group Discussion (FGD) dari Kapolda Bali yang bertujuan untuk memeriksa kesiapan jajaran dalam menghadapi Pemilu 2024 serta menegaskan komitmen bersama Forkompinda dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu tersebut. Polresta Denpasar juga menegaskan ketersediaan dukungan dari Polda Bali pada hari pelaksanaan Pemilu, sambil mengantisipasi keadaan mengingat situasi kondusif di Bali saat ini.

Ketua KPU Kota Denpasar memberikan apresiasi terhadap Polresta Denpasar atas pengamanan yang diberikan kepada Kantor KPU Kota Denpasardan juga gudang logistk Kota Denpasar. Dia menjelaskan beberapa tahapan yang telah dilakukan oleh KPU, termasuk penetapan Daftar Calon Tetap sebanyak 495.896, pengumuman Calon Legislatif DPRD Kota Denpasar, serta penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden guna menghadapi tahapan kampanye.

Selain itu, KPU telah berkoordinasi dengan partai politik terkait kegiatan kampanye yang akan dimasukkan dalam aplikasi Sikadeka. “Terkait pemasangan baliho dan Alat Peraga Kampanye (APK), KPU Kota Denpasar hanya memfasilitasi pemasangan sejumlah baliho untuk Pasangan Calon, Calon Legislatif DPD, dan Calon Legislatif DPRD Kota Denpasar di ibu kota masing-masing,” ucapnya.

Dalam konteks pengamanan pada hari pelaksanaan Pemilu, KPU menyatakan kebutuhan akan pengamanan dari Polresta Denpasar terutama terkait pemilih dari luar KTP Denpasar yang biasanya banyak digeruduk pada hari pemilihan.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Denpasar menegaskan bahwa terkait penilaian terhadap Objek Vital yang dilakukan oleh Polresta Denpasar, mereka menilai sedang dan tengah berupaya melakukan perbaikan terutama di Gudang GOR Kompyang Sujana. KPU juga berencana untuk memusatkan pengelolaan logistik pada satu titik di GOR Kompyang Sujana guna optimalisasi pengelolaan.(tim).