Wakapolres Klungkung Hadiri Pembukaan Kegiatan AKSIKU di Alun-Alun I Dewa Gede Agung Jambe Semarapura Klungkung

147

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Polda Bali-Polres Klungkung, Bertempat di alun-alun I Dewa Gede Agung Jambe Semarapura Klungkung, berlangsung kegiatan pembukaan Aksiku/Atraksi melestarikan seni dan kebudayaan Daerah Klungkung, tahun 2022 dengan tema “Ananta Paratisnaning Banyu” yg artinya memuliakan sumber air yang memiliki tanpa batas. Rabu, 12/10/2022 Malam

Dalam Kegiatan Aksiku di hadiri oleh Raja Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta,S.Pd.,M.M., Kapolres Klungkung diwakili oleh Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gde Anom, Kepala Dinas Kebudayaan Propensi Bali, Kepala Dinas Kebudayaan Kab Klungkung.

Dalam sambutannya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta,S.Pd.,M.M., dan sekaligus membuka pegelaran AKSIKU 2022 sesuai dengan laporan Kadis Kebudayan Kab Klungkung bahwa kegiatan ini sudah 4 kali dilaksanakan, yang mana sempat tidak dilaksanakan karena adanya pandemi covid-19 serta tahun ini kegiatan AKSIKU bisa dilaksanakan secara terbuka.

Kegiatan aksiku dimulai hari ini tgl 12 s/d 15 Oktober 2022 dimana kegiatan akan disajikan berupa atraksi dan lomba-seni yang dimiliki para seniman Kabupaten Klungkung serta menyampaikan bhawa Museum Semarajaya merupakan Museum yg menyimpan berbagai peninggalan asli Klungkung dari zaman prasejarah, masa kerajaan, hingga menyimpan hasil kebudayaan di Klungkung selanjutanya menancapkan Kayonan sebagai tanda bahwa kegiatan AKSIKU telah resmi di buka kemudian di laksanakan lomba tari Truna Jaya Kembar dan Lomba Kendang Berpasangan.

Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., mengatakan bahwa kegiatan AKSIKU ini perlu dilakukannya pengamanan karena Kegiatan ini berlangsung selama 4 Hari jadi warga masyarakat klungkung akan banyak berkunjung ke alun-alun I Dewa Gede Agung Jambe Semarapura Klungkung disamping aka nada pagelaran seni dan budaya juga adanya stand UMKM dari berbagai daerah di Kabupaten Klungkung.

Wakapolres Klungkung juga menambahkan personel yang disiagakan ini ada yang terbuka maupun tertutup dan juga dilakukannya pengaturan arus lalu lintas di setiap persimpangan. Imbuhnya. (tim).