Jejak Sejarah Perjuangan di Puri Agung Carangsari-Bali

181

BALI – LOKADEWATANEWS.COM – Seiring perkembangan jaman yang kian berubah dengan teknologi dan gaya hidup, sekiranya sejarah pun wajib dilestarikan dan terpelihara hingga kapanpun. di Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali Sabtu, (27/11).

Sebagai penerus keturunan dan silsilah di Puri Agung Carangsari-Bali ini;tiga dari lima orang cucu Mendiang Letda I Gusti
Ngurah Putra sebagai pahlawan pejuang, yaitu,

  1. AA Ngurah Agung Suardiarta,
  2. AA Ngurah Gede Suarta ss, dan
  3. AA Ngurah Arka Yudana.

Menceritakan sejarah dari orang tua dan leluhur sebelumnya,”Ayah kami sempat bertugas di Palembang sebagai polisi waktu itu, semenjak pulang ke Bali, tradisi dan budaya di Puri Agung Carangsari ini kita lestarikan dan pelihara secara bersama dari tahun ke tahun hingga kini.

“Sebagai peninggalan sejarah yang cukup panjang dalam masa itu, yakni masa perang Puputan Margarana di Bali tahun 1946. Puri Agung Carangsari ikut andil banyak dalam perjuangan melawan penjajah dikala itu, dengan mengenang pengabdian beliau, I Gusti Ngurah Putra sebagai sahabat seperjuangan I Gusti Ngurah Rai, “pungkasnya.

“Hal ini menjadi inspirasi dan semangat perjuangan untuk memajukan bangsa agar lebih maju dan makmur, sesuai cita-cita leluhur dahulu kala.”jelasnya.

Pemeliharaan Puri Agung Carangsari pun hingga kini masih dalam perbaikan -perbaikan pada tempat tertentu yang menjadi sejarah yang patut dilestarikan sebagai salah satu budaya dan wisata di Bali ini.”ungkap AA Ngurah Agung Suardiarta.

Berharap tidak terlupakan dalam sebuah sejarah perjuangan bangsa ini, Bali cukup banyak memiliki cerita heroik dalam memerangi penjajahan, yakni perang Puputan Badung di Bali .

Semangat perjuangan yang masih kental terasa hingga kini, Bali mampu menjadi destinasi wisata yang terpelihara dan lestari hingga kapanpun ini. Indonesia pun bangga dengan banyaknya prestasi dan predikat Bali dimata dunia internasional hingga kapanpun, meski dalam situasi pandemi mampu bertahan dan untuk bangkit lagi.

Bali Bangkit merupakan sebuah perjuangan kita bersama dalam hal ekonomi dan pariwisata. Akhir 2021 ini yang penuh gelaran acara-acara internasional di Bali, merupakan sebuah bukti nyata semangat perjuangan dengan selalu mengenang jasa-jasa para pejuang jaman dahulu.(tim).