Percepat Capaian Vaksinasi, Danrem Optimalkan Komunikasi Kodim Bersama Masyarakat

50

Lokadewatanews.com – Denpasar-Bali Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., mengoptimalkan peran-peran Kodim Jajaran dalam mendukung percepatan capaian vaksinasi di Bali.

Kodim jajaran diharapkan memaksimalkan komunikasi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mengikuti vaksinasi, dengan memanfaatkan serbuan vaksinasi yang digelar dari tingkat Banjar hingga memanfaatkan fasilitas kesehatan terdekat.

Upaya dibuktikan dengan antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi dalam serbuan vaksinasi di GOR Kepaon (26/06) yang menyasar ribuan penduduk maupun di hari yang sama tempat-tempat yang difasilitasi pihak Kodim Jajaran berkordinasi dengan pemerintah daerah.

“Kita, Korem 163/Wira Satya mendukung program vaksinasi yang saat ini terus berjalan bagi seluruh warga masyarakat Bali,” ujarnya yang diwawancarai Selasa (29/06/2021) di Makorem.

Percepatan ini dilakukan juga untuk memanfaatkan ketersediaan stok vaksin baik jenis Sinovac dan Astra Zeneca yang sudah dialokasikan kepada Provinsi Bali, sebelum masa kadaluwarsa.

“Sebagaimana kita ketahui terkhusus Vaksin Astra Zeneca pada akhir Bulan Juni ini akan kedaluwarsa atau expired maka harus segera dimanfaatkan”, bebernya.

Agar optimal, Danrem menerangkan program vaksinasi juga melibatkan tiga pilar yaitu TNI, Polri dan juga Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan di wilayah Bali sejauh ini berjalan baik dan lancar.


Hal ini selaras dengan apa yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dimana untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia pada Bulan Juni 2021 ditargetkan dapat menyasar 1 juta orang per harinya sementara pada Bulan Juli 2021 ditargetkan menyasar 2 juta orang per hari. Provinsi Bali sesuai arahan dari pemerintah pusat tersebut menjadi salah satu provinsi yang menjadi prioritas untuk pencapaian target pencapaian pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Program vaksinasi ini akan berlanjut, terlebih Bali menjadi salah satu provinsi yang mendapat prioritas pelaksanaan program vaksinasi dengan harapan akan segera terwujud herd immunity bagi warga masyarakat Bali”, pungkasnya.

Sampai saat ini sesuai apa yang disampaikan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster saat pelaksanaan vaksinasi di Parkir Timur Lapangan Puputan Margarana, Denpasar (26/06) lalu, pencapaian vaksinasi bagi penduduk Bali untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 2. 080.000 penduduk atau 68 persen dari target 3.000.000 penduduk atau 70 persennya. Sementara untuk vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 700.000 penduduk atau 24 persennya. Sisa vaksin sejumlah 800.000 dosis nantinya akan dimanfaatkan untuk target 50.000 penduduk per hari dengan memanfaatkan institusi Banjar atau fasilitas kesehatan terdekat.(tim).