Pangdam IX/Udayana Ikuti Rakor Terkait Program PPKM Mikro dan Program Vaksinasi Nasional

38

Lokadewatanews com – Denpasar – Bertempat di Ruang Puskodalopsdam IX/Udayana, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) melalui Vidcon yang dipimpin Panglima TNI yang membahas tentang pelaksanaan Program PPKM Mikro dan Program Vaksinasi Nasional, Senin (21/6/2021)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam arahannya menyampaikan dua hal pembahasan yaitu tentang Program PPKM Mikro dan Program Vaksinasi Nasional.

Dimana sesuai arahan Bapak Presiden RI yang selalu diingatkan untuk kita semua, pertama adalah implementasi lapangan terkait PPKM Mikro dan yang kedua adalah program vaksinasi nasional yang rencananya sampai Bulan Juni ini target adalah 700 ribu per hari untuk masyarakat dan awal Bulan Juli ditargetkan 1 juta vaksin per hari.

Namun rencananya pada tanggal 26 Juni 2021, akan dilaksanakan serbuan vaksinasi dengan target 1 juta per hari dengan pembagian adalah 40% dilaksanakan oleh TNI-Polri dan 60% dilaksanakan oleh Kemenkes dalam hal ini Pemda.

Selanjutnya terkait implementasi PPKM Mikro, bahwa pelaksanaan dilapangan PPKM Mikro sangat efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mengerahkan empat pilar yaitu Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri.

Dalam implementasi PPKM Mikro paling efektif dilaksanakan di tingkat desa yang berbasis RT/RW. Oleh sebab itu peran dari RT/RW, Perangkat Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas sangat penting dalam hal ini. Meski masih adanya beberapa petugas di lapangan yang kurang pemahaman, sehingga perlu adanya perhatian kita terkait SOP dalam penerapan PPKM Mikro.

Untuk itu, Pangdam khususnya termasuk unsur dibawahnya dalam pelaksanaan PPKM Mikro supaya memberikan pemahaman kepada satuan pada tingkat yang paling bawah yaitu apa yang harus dilakukan dengan pelaksanaan PPKM Mikro tersebut sesuai SOP.

Mengakhiri kegiatan Rakor, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan yang pada intinya terkait implementasi di lapangan PPKM Mikro agar para Pangkotama memastikan para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga yang terlibat dan yang bertugas khusus di PPKM Mikro atau para personel yang bertugas sebagai perkuatan di Posko PPKM Mikro memahami tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

Selanjutnya adalah tugas sebagai penegak disiplin Prokes, tugas dalam melaksanakan treacing, tugas dalam melaksanakan pengawasan isolasi mandiri, melaksanakan pendataan atau sosialisasi dalam program vaksinasi nasional harus dikuasai dan bekali para petugas di lapangan dengan rincian tugas/petunjuk teknis yang mudah dipahami sesuai SOP.

Terkait dengan vaksinasi, agar dimaksimalkan serbuan vaksinasi di daerah sesuai jumlah alokasi vaksin yang diberikan kepada TNI, termasuk juga bisa digunakan untuk vaksinasi yang regular seperti disekitar satuan. Semua itu, agar direncanakan dengan baik oleh masing-masing Komandan Satuan melalui koordinasi dengan Kapuskes TNI.

Juga laksanakan koordinasi dengan baik bersama Dinkes, Polri dan Pemda setempat, agar pelaksanaan vaksinasi nasional bisa berjalan dengan baik, serta mewaspadai pelaksanaan peringatan Idul Adha adalah kemungkinan adanya kerumunan massa di tempat penyemblihan kurban atau pembagian daging kurban, agar Babinsa membantu dan mengingatkan disana sehingga tidak terjadi penumpukan/kerumunan massa, tutup Panglima TNI.

Usai mengikuti Rakor, Pangdam IX/Udayana yang didampingi Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, Kakesdam IX/Udy, Karumkit Tk. II Udayana dan Waka Pendam IX/Udy menyampaikan beberapa arahan terkait PPKM Mikro.

Agar dipahami oleh kita semua yaitu yang terkena Covid-19 agar diam di rumah dan yang lainnya mengurangi aktifitasnya di luar rumah, termasuk penerapan prosedur acara-acara seperti penempatan tempat duduk, bagaimana teknis penyelenggaraannya dan lain sebagainya sesuai protokol kesehatan. Termasuk penekanan terkait peringatan Idul Adha, itu harus terus diingatkan dan dijelaskan mulai sekarang.

Selain itu, lakukan terus koordinasi dengan pihak bandara maupun pelabuhan terkait kelengkapan surat-surat seperti hasil Tes Swab/Rapid Antigen dan juga mengingatkan masyarakat terus-menerus tentang Prokes di wilayah masing-masing seperti menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan selalu memakai masker, tegas Pangdam. (Pendam IX/Udy)