Dukung Program Ketahanan Pangan, Prajurit Kodim Gianyar Turun Tanam Padi

52

Lokadewatanews.com – Gianyar-Bali Upaya mendukung program pemerintah khususnya bidang swasembada dan ketahanan pangan, Anggota Kodim 1616/Gianyar turut serta melaksanakan pendampingan menanam padi.

Kegiatan yang dilakukan Anggota Kodim 1616/Gianyar yaitu melaksanakan pendampingan menanam padi jenis Ciheurang di sawah milik I Wayan Gama dengan luas 1 Hektar berlokasi di Subak Delod Siangan, Banjar Teruna Desa Siangan, Gianyar, Kamis (27/05/2021).

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Frandi Siboro, menyampaikan, kegiatan pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dan merupakan bagian tugas aparat TNI AD untuk membantu para petani di bidang pertanian.

“Saya memerintahkan anggota jajarannya untuk melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa semangat sekaligus juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan penanaman padi, bukan hanya saat panen raya saja tetapi juga di saat mulai penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi. Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan adalah menanam padi di sawah, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani”, sebut Dandim.

Dirinya juga mengatakan, anggota jajaran yang kami turunkan di lapangan bertujuan untuk membantu dengan harapan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan masyarakat terutama di wilayah pedesaan.

Di lapangan kegiatan penanaman padi tersebut dipimpin oleh Kasdim 1616/Gianyar, Mayor Inf Hari Sulasto, didampingi Pasi Teritorial Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf I Wayan Sudana, Danramil 1616-01/Gianyar, Kapten Inf Hengky Hestovery serta melibatkan Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Ni Ketut Sinta Wahyuni, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gianyar I Made Darma, BPP Kabupaten Gianyar I Ketut Ita, Perbekel Desa Siangan I Ketut Berata, Bhabinkamtibmas Desa Siangan, Babinsa Desa Siangan, PPL Desa Siangan I Ketut Bagiasta dan Petani Subak Delod Siangan .(TIM).