Penyuluhan Lingkungan Hidup Satgas TMMD Kodim Jembrana Diisi Materi Cara Bijak Mengelola Sampah

67

Lokadewatanews.com – Jembrana-Bali Kondisi lingkungan alam di lokasi TMMD Ke 110 Kodim 1617/Jembrana di Banjar Sawe, Desa Batuagung, Jembrana masih sangat terjaga baik dan lestari. Alam lingkungan desa secara umum yang merupakan wilayah perkebunan masih terlihat hijau, udaranya segar sebagai wujud dari bagaimana melestarikan dan memuliakan alam oleh para penghuni atau manusia yang mendiami wilayah tersebut.

Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup memang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita yang sangat diyakini juga memberi manfaat bagi kita semua. Mewujudkan hal tersebut serta untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap pelestarian alam lingkungan maka Satgas TMMD Ke 110 Kodim 1671/Jembrana menggelar penyuluhan lingkungan hidup yang merupakan rangkaian pelaksanaan sasaran non fisik TMMD Ke 110 Kodim 1617/Jembrana.

Penyuluhan tentang lingkungan hidup tersebut diberikan kepada warga Banjar Palungan Batu, Desa Batu Agung Jembrana, Selasa malam (16/03/2021)
dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana yang diwakili oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan Luh Putu Priladewi, S.T.

Dirinya menjelaskan tentang cara praktis pengolahan sampah bernilai ekonomis serta jenis-jenis sampah dan tips atau cara memilah sampah rumah tangga. Selain itu warga juga diberi pengetahuan manajemen pengolahan sampah lama. Tata cara pengaduan dugaan pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., sekaligus Dansatgas TMMD Ke 110 Kodim 1617/Jembrana menuturkan penyuluhan lingkungan hidup diberikan kepada warga merupakan wujud kepedulian TNI
dalam memelihara dan melestarikan alam bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Pentingnya wawasan tentang lingkungan hidup mengingat kerusakan lingkungan terjadi akibat ulah tangan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam demi kepentingan pribadi.

“Apabila perusakan lingkungan hidup terus menerus dibiarkan maka kualitas hidup akan semakin menurun dan tentunya bisa berdampak terhadap bencana alam, oleh karena itu perlu adanya upaya pelestarian lingkungan agar lingkungan sekitar kita tetap terjaga sampai anak cucu”, terang Dandim Haruna. .

Lebih lanjut Dandim Haruna mengatakan kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor menjaga kelestarian lingkungan hidup. Untuk mendapatkan lingkungan yang sehat harus ada kesadaran dari masyarakat serta semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan itu sendiri.(TIM).