Cegah Penyalahgunaan Senpi, Kapolres Gianyar Cek Senpi Anggota

95

Loladewatanews.com – Bali – Polda Bali Polres Gianyar. Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H. melakukan pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) anggotanya. Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan sebagaimana yang terjadi di beberapa daerah bertempat di Loby Mako Polres Gianyar. Kamis(25/2/2021).

Kapolres Gianyar melakukan pemeriksaan senpi didampingi Wakapolres Gianyar Kompol I Nyoman Wirajaya, SH., MH. Kabag Ops Polres Gianyar, Kabag Sumda Polres Gianyar serta Kasi Propam Polres Gianyar Ipda Anak Agung Indrawan, SH.

Kapolres Gianyar mengatakan pemeriksaan fisik senpi sebagai salah satu upaya mencegah pelanggaran disiplin yang mungkin saja dilakukan personel Polres Gianyar. Kapolres Gianyar tidak ingin penyalahgunaan senpi di daerah lain terjadi di Polres Gianyar.

“Untuk itu pemeriksaan senpi dilakukan secara rutin maupun insidentil, dalam rangka pengawasan penggunaan senjata api atau dinas kepada anggota,” terangnya.

Diungkapkannya, pemeriksaan itu khusus terkait kondisi fisik senpi dan surat izin pemegang senpi (SIPS) anggotanya. Masih berlaku atau kedaluwarsa. Dari hasil pemeriksaan, Kapolres memastikan semua senpi yang dipegang anggotanya dalam keadaan bersih.

Kondisinya baik dan pemegangnya dilengkapi SIPS yang masih berlaku. Anggota pemegang senpi juga telah mengikuti pemeriksaan kejiwaan. “Kami lakukan ini agar anggota yang pegang senjata tidak salah menggunakan,” tandasnya.(TIM).