Hari Sejarah Puputan Badung Ke -114 thn di Puri Gerenceng Pemecutan Denpasar.

248

Lokadewatanews.com – Bali – Puputan Badung Ke -114 thn, Diperingati di Puri Gerenceng Pemecutan. Jalan Sutomo no.28 Denpasar Bali. Minggu (20/9

AA Ngurah Agung.SE. Puri Grenceng Pemecutan. menyampaikan Agar Kita selalu ingat sejarah atas pejuang pahlawan kita, supaya generasi muda selalu ingat atas jasa-jasa pahlawan yang telah membela negara. “Pungkasnya.

“Hal ini, Puputan Badung adalah tradisi masyarakat Bali¬†yaitu perlawanan bersenjata habis-habisan sampai mati demi kehormatan tanah air. “ucap. AA Ngurag Agung.

“Sehingga, istilah puputan asal dari kata ‘puput’ yang dalam Bahasa Bali berarti tanggal, putus, habis, atau mati.”pungkasnya.

Selain itu, Perang Puputan adalah perang sampai mati dan berlaku untuk seluruh warga yang ada dari semua kasta sebagai bentuk perlawanan, termasuk mengorbankan jiwa dan raga sampai titik darah penghabisan.”jelasnya.

“Kami, menyampaikan, ya puri pare pari dan pura, ya puri itu identik dengan rumah, pure identik dengan tempat ibadah, purane identik dengan tempat tinggal kita purane sisila orang kita dari mana kita.”Jelas. Ngurah Agung.SE. puri Gerenceng Pemecutan.

Sementara pare itu rakyat kita bahwa kita ada orang yang bisa menjalankan keagamaan kebenekaan kebudayaan sama kita akan bisa jalankan,”Ucap. AA Ngurah Agung.SE. puri Gerenceng Pemecutan. (tim).