Aster Kasdam IX/Udayana Pimpin Rakor Tentang Potensi Pertanian dan Peternakan serta Proyek 19 Pompa Hidram

49

Lokadewatanews.com – Denpasar – Mewakili Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Mahaparta memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) melalui Vidcon yang membahas tentang potensi pertanian dan peternakan serta proyek pompa hidram dalam upaya meningkat kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Provinsi NTT dan NTB.

Dalam pelaksanaannya ada 19 Pompa Hidram yang di bangun tersebar di 9 Kodim Jajaran Kodam IX/Udayana diantaranya di Kodim 1604/Kupang, Kodim 1605/Belu, Kodim 1606/Lobar, Kodim 1608/bima, Kodim 1612/Manggarai, Kodim 1618/TTU, Kodim 1621/TTS, Kodim 1625/Ngada dan Kodim 1627/Rote Ndao.

Mengawali kegiatan Vidcon yang dilaksanakan di ruang kerja masing-masing peserta Rakor tersebut, pada Senin (22/2/2021). Aster Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa menindaklanjuti paparan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., kepada para Menteri diantaranya Menko Marves RI, Menteri Pertanian RI, Menteri PUPR RI dan Menteri ESDM RI. Dimana ada beberapa hal yang harus disampaikan untuk segera ditindaklanjuti kepada jajaran dari hasil rapat koordinasi tersebut.

Dimana sudah mulai ditindaklanjuti dengan pengambilan data tentang potensi pertanian dan peternakan yang berada di 19 Pompa Hidram di wilayah Korem 161/WS dan Korem 162/WB yang ada proyek Pompa Hidram. Sehingga dalam upaya melengkapi data tersebut secara valid, agar pada kesempatan ini para Dandim memaparkan terkait kegiatan dan sasaran yang dikerjakan.

Selanjutnya para Dandim menyampaikan paparan terkait potensi-potensi pertanian dan peternakan yang bisa dikembangkan terkait dibangunnya proyek Pompa Hidram di wilayah tugasnya masing-masing.

Dari hasil paparan para Dandim, Aster Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa ke 19 titik proyek Pompa Hidram ini pada Bulan Maret 2021 diharapkan sudah selesai dikerjakan. Untuk itu, kita semua diharapkan bisa kerja cepat dan bukan berarti asal selesai, sehingga waktu yang ada agar benar-benar dimanfaatkan untuk mendata dan mensurvey benar, sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang menjadi keinginan pimpinan.

Untuk wilayah-wilayah yang terkendala dengan kekurangan air tersebut bisa terjawab oleh kita semua, karena bagaimanapun dan kedepannya minimal anak-anak/generasi penerus kita bisa menikmati atas apa yang kita kerjakan ini. “Semoga apa yang kita kerjakan semua ini dapat berjalan dengan baik”, tutup Aster.

Dalam pelaksanaan Rakor yang dipimpin Aster Kasdam IX/Udayana tersebut selain diikuti para Dandim yang wilayahnya dilaksanakan proyek Pompa Hidram juga dihadiri oleh Kasrem 161/WS dan Kasrem 162/WB. (Pendam IX/Udy)