Rapat Koordinasi Terkait Pangamanan Upacara Agama, ” Ini Hasilnya !!”

51

Lokadewatanews.com – Polda Bali, Polres Badung Kepala Kepolisian Resor Badung pimpin langsung rapat koordinasi terkait pengamanan Kegiatan Upacara Manusa Yadnya (Ngaben) di Puri Agung Petang kec. Petang Kab. Badung di tengah Kondisi PSBB Penanganan dan Percepatan Penanganan Covid-19.

Rakor ini tidak saja dihadiri dari pihak Polri, namun juga diikuti oleh instansi terkait di Aula Polres Badung, Bali. Kamis, (21/1) pagi 10.00 wita.

Kapolres Badung didampingi Wakapolres Kompol Ni Putu Utariani,S.H , Kabagops, Kasatbinmas dan Kasatsabhara Polres Badung menjelaskan di tengah Covid -19, kegiatan agama memang tidak dilarang, namun harus ada pembatasan pengumpulan massa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ia berharap panitia mau membantu, pemerintah dalam penanggulangan covid -19 ini sesuai kegiatan agama yang sudah berlangsung seperti di Puri Klungkung dan Puri Kesiman yang sudah memperhatikan Protokol kesehatan.

“Bukan Pemerintah yang melarang adanya kerumunan dalam sesuatu kegiatan, namun yang membatasi itu adalah penyakit (Covid-19),” Terangnya.

“Saya ingin mengajak Dinas Daerah maupun perangkat upacara untuk saling bekerjasama, sehingga harapan penyebaran Virus ini tidak menjadi lebih Masif/tinggi,” Sambungya.

Menurutnya pencegahan Covid-19 ada 3 cara yaitu Mencuci tangan, Memakai Maskar serta Menjaga Jarak dan belum cara lain yang lebih ampuh untuk melawannya.

Terkait itu Ia meminta Desa Adat memainkan peran pentingnya melawan Covid -19, yang membahayakan keluarga, masyarakat dan negara.

“Jika ditemukan ada pelanggaran Prokes, pihaknya tidak akan ragu-ragu melakukan tindakan hukum, karena pelanggaran Prokes dianggap pelanggaran pidana,” Tegas Kapolres asal Jawa Barat di depan para undangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kasatpol PP Kab. Badung, Kepala Kesbangpol Kab. Badung, Kepala BPBD Kab. Badung, Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Badung, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Badung, Kepala Dinas BPMD Kab. Badung, Ketua Majelis Madya Desa Adat Kab. Badung, Camat Petang, Danramil Petang, Kepala Desa Petang, Bendesa Adat Petang, Ketua BPD Petang, Ketua Majelis Alit Desa Adat Kec. Petang, Ketua Panitia Karya dan Penglingsir Puri Agung Petang.(TIM).