DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL SIAP SAMBUT PARIWISATA ERA NEW NORMAL

119

Lokadewatanes.com – Bali – Ulasan yang disampaikan Detik Travel, Jumat 24 April lalu mengatakan bahwa pandemi Corona diharapkan cepat berakhir pada Juli 2020 nanti. Saat ini travel agent pun mempersiapkan dengan baik akan kedatangan wisatawan saat pandemi berakhir.

ASITA optimistis keadaan sektor pariwisata terutama travel agent akan kembali membaik setelah pandemi Corona berakhir.

Bali yang menjadi tujuan banyak wisatawan mancanegara pun saat ini telah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan setelah pandemi berakhir.

“Kemarin juga saya berbincang dengan ketua ASITA Bali, travel Bali kita harus siap jika datang pertama yg paling cepat adalah Bali. Kita tetap optimistis Juni/Juli bisa,” kata Rusmiati.

Begitu juga yang disampaikan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) pada CNBC Indonesia, dimana Bali sangat menyabut baik rencana pembukaan kembali sektor pariwisata di era “New Normal”. Menurut Ketua Umum IHGMA Bali, I Made Remia Adnyana, industri pariwisata sangat siap menyambut kedatangan wisatawan di era new normal dengan melakukan penerapan protocol kesehatan yang lebih ketat.

Menanggapi berita tersebut, Discovery Kartika Plaza Hotel telah mempersiapkan dirinya agar pada saat wisatawan masuk ke Bali nanti hotel ini siap dengan era “New Normal”.

Saat ini Discovery Kartika Plaza Hotel masih tetap melayani tamu-tamunya, baik tamu stranded maupun weekenders’ dan long staying yang sedang work from hotel.

Walau hanya membuka sebagian building hotelnya di wing kiri dan villa saja, hotel ini tetap memperkerjakan hampir 40% karyawannya dengan gaji penuh, dan seluruh karyawan baik yang bekerja maupun yang dirumahkan masih tetap menerima tunjangan kesehatan BPJS dan Jamsostek.

“Kami selalu update pedoman dan protocol kesehatan dari WHO, kami juga selalu update perkembangan berita dan arahan dari pemerintah daerah maupun pusat. Semua staf yang saat ini masih bertugas telah kami latih protokol dan prosedur yang benar untuk selalu jaga kebersihan, kesehatan diri sesuai protocol covid-19 WHO, agar semua tamu percaya pada kami, itu yang paling penting.

Jadi di Discovery Kartika Plaza Hotel, kebersihan dan new normal procedure selalu menjadi prioritas utama kami”, jelas Pandu Djojoadisoeprapto, Executive Assistant Manager.

Ditambahkan juga, dalam menyikapi situasi pandemic Covid-19 Discovery Kartika Plaza Hotel memanfaatkan kondisi sepi ini sebagai waktu untuk melakukan pembenahan kedalam sebagai langkah persiapan menyambut era “New Normal”, baik secara sistem & mekanisme kerja, serta peningkatan pelayanan service yang melibatkan SDM hotel dengan standard pelayanan kejujuran yang sangat dijunjung tinggi budaya Bali.

“Pembenahan dilakukan supaya kami siap untuk menyambut new normal, jadi pengetahuan dan kedisiplinan karyawan harus ditingkatkan agar mutu pelayanan jadi lebih baik lagi nanti dan yang paling penting adalah kredibilitas dan mutu karyawan hotel ini, jadi pada prinsipnya profesionalisme dan kejujuruan dalam bekerja harus terus kita jaga dan tingkatkan karena hal ini merupakan symbol dari pariwisata Bali yang professional, jujur dan berbudaya baik”, tambah Pandu.

Dalam masa PSBB kemarin Discovery Kartika telah melakukan kiat-kiat untuk menjaga agar karyawannya yang bekerja tetap sehat, seperti memberikan suplemen vit C untuk karyawan, olah raga dan berjemur pagi, serta aktivitas sport lainnya yang wajib dilakukan oleh semua karyawan agar kesehatan dan imun tubuh tetap terjaga. Kegiatan-kegiatan itu dimaksud sebagai wujud tetap produktif sesuai arahan Presiden.

Disampikan juga hal-hal apa saja yang telah dilakukan Discovery Kartika Plaza Hotel untuk mengamankan keselamatan tamu & karyawannya dari Covid-19.

  1. Informasi tentang kebijakan keselamatan dan kesehatan hotel yang terkait dengan Covid-19 tersedia terus menerus di media informasi hotel termasuk di saluran TV di kamar.
  2. Pemeriksaan suhu pada saat kedatangan untuk para tamu dan semua staf hotel. Siapa pun yang mendaftarkan suhu di bawah 35 ° C dan di atas 37,5 ° C tidak akan diizinkan masuk ke hotel dan akan diantar ke klinik hotel untuk pengamatan lebih lanjut. Pemeriksaan kedua setelah 5 menit akan dilakukan dan orang tersebut dirujuk ke Rumah Sakit terdekat jika suhunya tetap tidak berubah.
  3. Tim Tanggap Darurat Hotel akan membantu tamu dengan gejala Covid-19 sesuai dengan protokol resmi oleh BNPB dan pemerintah daerah. Tim juga sudah memiliki informasi kontak resmi BNPB & fasilitas kesehatan lokal yang menangani kasus COVID-19.
  4. Hand sanitizers (botol pompa) ditempatkan di beberapa lokasi penting, termasuk titik pemeriksaan keamanan, konter resepsionis, koridor tamu, pintu masuk restoran dan spa.
  5. Hotel telah menginstal beberapa tempat cuci tangan dengan sabun dan air di beberapa titik di pekaranagan hotel.
  6. Semua karyawan harus mengisi formulir kesehatan deklarasi diri setiap hari.
  7. Para tamu harus mengisi Formulir Pernyataan Kesehatan saat check-in.
  8. Masker wajah untuk tamu tersedia berdasarkan permintaan. Kami mendorong semua tamu untuk mengenakan masker di area lobi dan ruang publik lainnya.
  9. Karyawan diharuskan/wajib memakai masker dan menjaga jarak sosial untuk menghindari kontak fisik langsung termasuk berjabatan tangan.
  10. Semua kamar tamu dibersihkan secara menyeluruh dengan disinfektan tingkat rumah sakit, saat tamu check out, dan persiapan sebelum tamu check in.
  11. Protokol pembersihan yang ketat, yang mengharuskan semua permukaan diperlakukan dengan disinfektan tingkat rumah sakit dengan frekuensi yang lebih tinggi di semua ruang publik, termasuk tombol elevator.
  12. Semua ruang rapat dan kantor disemprot dengan disinfektan tingkat rumah sakit, secara berkala sesuai jadwal.
  13. Peralatan makan, dapur dan peralatan operasional lainnya selalu disanitasi (HACCP Procedure).
  14. Penanganan makanan dikendalikan oleh spesialis Hazard Analyze Critical Control Point (HACCP) kami yang tersertifikasi.
  15. Koper tamu disemprot dengan desinfektan saat datang, selama penyimpanan dan penanganan.

“Kami sangat positif dan siap dengan era new normal ini, tetap melayani tamu dengan baik, profesional, jujur dan menjalankan standard procedure covid-19 WHO yang telah kami siapkan” ungkap Pandu sebagai penutup.

Tentang Discovery Kartika Plaza Hotel
Terletak di tepi pantai Kuta, Discovery Kartika Plaza adalah hotel bintang lima yang mewah dengan pemandangan tropis dan keindahan alam yang memikat berbaur dengan tradisi yang abadi.

Berada di oasis seluas 8 hektar dengan taman tropis yang rimbun, resor ini menawarkan berbagai pilihan dari 318 kamar termasuk suites dan villa tepi pantai yang mewah, pilihan makanan yang menginspirasi, tempat pernikahan di pantai, dan tempat meeting dan event yang luas, dan fasilitas rekreasi seperti Discovery Spa. Villa yang ekslusif terletak di sisi yang tersendiri dan menawarkan kenyamanan privasi dengan layanan pribadi.(tim).