Polres Karangasem Gelar Upacara Perabuan Jenazah Almarhum Aipda I Wayan Sudiana

54

Lokadewatanews.com – Bali – Polda Bali – Polres Karangasem – Humas Polres Karangasem, Telah berlangsung giat upacara perabuan jenazah anggota Bhayangkara Polri aktif Alm. Aipda I Wayan Sudiana, jabatan terakhir anggota Polres Sumbawa Polda NTB, di Kuburan Desa adat Beluhu, Banjar Dinas Caniga Desa Dukuh. Selasa (25/2/2020). Pukul 10.00 Wita.
 
Giat Upacara Perabuan Jenasah Alm. I Wayan Sudiana Bertindak selaku Inspektur Upacara Kabag Sumda Polres Karangasem Kompol. I Ketut Suartika Adnyana, S.H., dan sebagai Komandan Upacara Kanit Binmas Polsek Kubu Ipda I Gede Suardana.
 
Adapun peserta Upacara terdiri dari Pleton Gabungan Perwira Polres Karangasem, 1 Pleton Gabungan Unit Intel Reskrim, Pleton Gabungan Anggota Polres Karangasem, Pleton Gabungan Bersenjata, Paserta Penembak Salvo dan Gabungan Bhayangkari Cabang dan Ranting Kubu.
 
Aipda I Wayan Sudiana merupaka Polisi Aktif dengan jabatan terakhir Anggota Polres Sumbawa Polda NTB, yang bersangkutan meninggal dunia Pada hari selasa (18/02/2020) karena sakit dan sempat mendapat perawatan di rumah sakit sanglah, dan almarhum meninggalkan seorang istri dan dan dua anak.
 
Sebelum giat Upacara perabuan jenasah diawali dengan upacara penyerahan Jenasah Alm. Aipda I Wayan Sudiana dari pihak keluarga kepada Kepolisian, berlangsung di rumah duka, di Banjar Dinas Beluhu Kangin Desa Tulamben, dari selaku Inspektur Upacara Kabag Ops Polres Karangasem Kompol I Gede Wali S.H., dan Komandan Upacara Ipda I Wayan Sutanaya.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan apel persada, pembacaan riwayat hidup singkat Alm. kemudian dilakukan penghormatan terakhir kepada Alm. Aipda I Wayan Sudiana disetai dengan tembakan salvo oleh regu penembak sebagai wujud penghargaan atas jasa jasanya untuk negara selama hidupnya.
 
Adapun sambutan Kabag Sumda Polres Karangasem Kompol I Ketut Suartika, S.H., selaku Inspektur upacara dalan giat dimaksud menyampaikan atas nama pimpinan dan keluarga besar Polri Turut berduka cita atas berpulangnya Aipda I Wayan Sudiana, menghadap Tuhan Yang Maha Esa, semoga Alm. diterima sesuai dengan amal baktinya yang telah dipersembah kepada negara selama hidupnya.
 
“Kepada keluarga yang ditinggalkan Semoga mendapat ketabahan, agar tidak larut dalam kesedihan, terimalah kenyataan karna ini sudah merupakan hekendaknya, dan kepada warga kami ucapkan terima masih atas partisipasinya kegiatan ini,” ujar Kabag Sumda Polres Karangasem.
 
Sambutan pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak Kepolisian atas kegiatan ini, dan termasuk peran serta warga pihak keluarga memohon maaf atas penyambutanya
 
Selain itu, sekaligus mohon doanya agar almarhum Aipda I Wayan Sudiana mendapatkan tempat yang layak, dan keluarga meminta maaf atas perbuatan serta tutur kata yang tidak berkenan allmarhum semasa hidupnya baik disengan maupun tidak.”ucap. Dari Pihak Keluarga Almarhum.
 
Mengakhiri upacara perabuan Irup bersama Bhayangkari dan perwakilan pihak keluarga meletakkan Karangan Bunga didepan jenazah, untuk penghormatan terakhir, dan rangkaian upacara perabuan dapat berjalan dengan lancar.
 
Di tempat terpisah Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr., mengatakan “Kami mewakili seluruh keluarga besar Polri mengucapkan terimakasih atas pengabdian Alm. Aipda I Wayan Sudiana selama hidupnya yang telah mengabdikan diri kepada negara. “Jelasnya.
 
“Semoga Alm. diterima sesuai dengan amal baktinya yang telah dipersembah kepada negara selama hidupnya”, ungkap Kapolres Karangasem.(TIM, Andi Perdana 41/ Humas Polres Karangasem).