Polres Badung Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

40

Lokadewatanews.com – Bali – Polda Bali, Polres Badung Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Roby Septiadi, SIK langsung pagi ini, pukul 08.00 wita memimpin pelaksanaan apel siaga penanggulangan bencana alam di wilayah hukum Polres Badung.

Apel siaga ini di gelar di Lapangan Umum Mengwi, Badung bertujuan untuk mengetahui kesiapan siagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam yang ada di Bali, baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya. Sabtu, (04/1).

Tampak hadir dalam apel siaga tersebut Para pejabat utama Polres Badung, Perwira Penghubung Kodim 1611/Badung Mayor Inf Putu Sukadana, Danramil 1611-04/Mengwi Mayor CHB Ni Wayan Sunartini, seluruh perwira Polres Badung, personel TNI Kodim 1611/Badung, anggota Polres Badung, Dishub Kab. Badung, Satpol PP Kab. Badung, BPBD Kab. Badung, PMK Kab. Badung, Dinas Pariwisata Kab. Badung dan personel PLN Kab. Badun

Diawali dengan rasa syukur Kapolres Badung mengatakan, bahwa perkembangan situasi nasional saat ini, benyak terjadi bencana alam, dampaknya tentu saja banyak permasalahan seperti, memaksa masyarakat untuk mengungsi, adanya korban jiwa, serta rusaknya fasilitas publik atau rumah warga.

“Kita bersyukur di daerah Bali, khususnya di Bumi Keris ini, belum terjadi seperti itu, kita berdoa, semoga ditempat bencana alam bisa selesai dengan cepat”, Ujarnya.

Berdasarkan perkiraan cuaca, wilayah Bali sudah memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2020. “Kita semua diharapkan waspada terutama tanah longsor,” ungkap Kapolres disela-sela sambutannya.

Menurutnya, kita semua memerlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana tugas Polri melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan.

“Kita harus tanggap terhadap situasi saat ini, bersinergi dengan pemerintah daerah atau instansi terkait lainnya untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan, jika bencana itu terjadi di Bali, dikabupaten Badung khususnya,” kata Kapolres AKBP Roby.

Kesiapsiagaan personel maupun alat, sarana dan prasarana sangat diperlukan mengingat bencana alam saat ini sudah masuk dalam situasi kontijensi.

“Sekali lagi saya harapkan apabila terjadi bencana alam di wilayah hukum Polres Badung, agar cepat ditangani dan cepat membantu korban. Kita semua berdoa semoga bencana alam tidak terjadi di wilayah hukum Polda Bali khususnya Polres Badung,” Tutup Kapolres dilanjutkan dengan pemeriksaan Sarana dan Prasarana.(TIM).